Sabtu, 12 Agustus 2017 - 08:00:44 WIB
BBTNTC Melakukan Penilaian METT 2017
Diposting oleh : TNTC
Kategori: Hot News - Dibaca: 221 kali

Jum’at, 28 Juli 2017 dilangsungkan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC). Penilaian  ini menggunakan metode Management Effectiviness Tracking Tool (METT) yang berlangsung hari sampai tanggal 29 Juli 2017. Balai Besar TNTC mengundang para stakeholder yaitu WWF, Pemerintah daerah Kabupaten Teluk Wondama, Pemerintah daerah Kabupaten Nabire, Pemerintah daerah Kabupaten Manokwari Selatan, Akademisi dari Fakultas Kehutanan dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Balai Perubahan Iklim dan Karhutla, wilayah Maluku-Papua untuk bersama-sama melakukan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan TNTC.

Zeth Parinding sebagai ketua panitia mengatakan, “Penilaian ini mesti dilakukan bersama dengan maksud untuk memberikan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang pengelolaan kawasan konservasi TNTC”.  

Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan TNTC ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan, gangguan dan ancaman sehingga pengelolaan TNTC kedepan dilakukan penerapan managemen adaptive sesuai jenis permasalahan dan menetapkan nilai METT pengelolaan TNTC tahun 2017.

Kepala Balai Besar TNTC, Ben G. Saroy dalam sambutan mengatakan, “Hari ini kita akan mengkaji dan menjawab semua pertanyaan itu secara bersama-sama, sehingga penilaian METT tahun 2017 berjalan objektif”. Namun Kepala Balai Besar TNTC mengkritik metode METT ini. “ Metode yang dipakai sekarang ini kurang mengakomodir kawasan Taman Nasional Laut".

Hasil Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan TNTC tahun 2017 diperoleh efektivitas pengelolaan sebesar 74 %, nilai ini meningkat dari tahun 2015 sebesar 66,67 %. Peningkatan ini menjadi tantangan kedepan Balai Besar TNTC sebagai lembaga pengelola. Perlu strategi dalam menjawab semua permasalahan. Adanya stakeholder yang bekerja sama dapat membantu menjawab tantangan tersebut. Dalam penilaian pada tahun-tahun berikutnya diharapkan dapat melibatkan masyarakat yang berada di dalam kawasan TNTC sehingga penilaian akan lebih objektif.

Pada penutupan acara, fasilitator yang diundang dari Direktorat Kawasan Konservasi, Wenda Komara, sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Forum Penilaian METT Balai Besar TNTC menjadi salah satu yang terbaik yang pernah saya dampingi’’. Demikian yang dikatakan




0 Komentar :