Minggu, 05 Juni 2016 - 11:01:18 WIB
PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP 5 JUNI 2016
Diposting oleh : TNTC
Kategori: Hot News - Dibaca: 684 kali

Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita dalam mengambil tindakan positif terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Pada tahun ini UNEP (United Nations Environment Programme/ Badan Lingkungan Hidup PBB) menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yaitu “Go Wild for Life” dan secara nasional, pemerintah menyesuaikan tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2016 adalah “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan”.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environtment Day merupakan kampanye global dalam menyuarakan perlindungan terhadap bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang lestari serta pola hidup yang ramah lingkungan. Tema tahun ini diangkat untuk memerangi perdagangan satwa liar. Perdagangan satwa liar yang melibatkan organisasi kejahatan antar negara diposisikan serupa dengan kejahatan luar biasa, seperti korupsi, pencucian uang, kejahatan terorganisir, senjata api ilegal, obat-obatan dan terorisme. Dalam pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, nilai perdagangan satwa ilegal mencapai 15 – 20 miliar dollar per tahun, ini merupakan angka perdagangan ilegal yang sangat besar di dunia, dimana nilainya hampir sama dengan perdagangan narkoba, senjata dan manusia.

Salah satu upaya untuk menekan kejahatan perdagangan tumbuhan dan satwa liar (TSL) adalah konservasi  yang menekankan pada upaya pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati. Upaya konservasi dalam melindungi tumbuhan dan satwa liar secara tegas melarang perdagangan TSL yang dilindungi dan juga mengatur pemanfaatan TSL agar tetap lestari.

Peran konservasi dalam isu perubahan iklim sangat besar. Mempertahankan keanekaragaman hayati dapat mengurangi emisi karbon yang setiap tahunnya diperkirakan ada 1 gigaton karbon yang terlepas di atmosfer. Pemanfaatan kawasan konservasi dalam mengurangi degradasi dan deforestasi dapat dilakukan dengan menggencarkan wisata alam ke taman nasional sehingga manfaat tidak langsung dari sumber daya alam berupa keindahan alam akan memiliki arti ekonomi bagi masyarakat karena pemanfaatan sumber daya alam memberi nilai ekonomi lain selain eksploitasi sumber daya alam.

Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini diharapkan kita semua dapat menjaga dan memerangi perdagangan tumbuhan dan satwa liar sehingga manfaat dari lestarinya keanekaragaman hayati dapat dirasakan lebih lama. Semoga Tuhan meridhoi langkah kita. (ro)




0 Komentar :