Jumat, 06 Mei 2016 - 08:42:37 WIB
Mengenal Pulau-Pulau dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih bag 1
Diposting oleh : TNTC
Kategori: Flora dan Fauna - Dibaca: 3578 kali

1. Pulau Wairundi

Lokasi dan Letak Geografis

 peta lokasi p. wairundi

Secara administratif Pulau Wairundi merupakan bagian wilayah Kabupaten Teluk Wondama yang secara geografis terletak antara 1048.393’LS – 1048.808’LS dan 134025.094’BT – 134025.454’BT. Pulau Wairundi pada kawasan Taman nasional teluk cenderawasih terletak pada Bidang Pengelolaan TN wilayah III Yembekiri dan Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah V Rumberpon. Pulau Wairundi berbatasan dengan :

  • Sebelah utara berbatasan dengan  Samudera Pasifik dan P. Numfor
  • Sebelah selatan berbatasan dengan P. Rooswar dan P. Rouw
  • Sebelah barat berbatasan dengan P. Rumberpon dan Selat Rumberpon
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan P. Yapen

Status Kawasan

Berdasarkan SK Dirjend Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Nomor : SK.121/IV-KK/209 tentang zonasi Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Pulau Wairundi termasuk dalam zona inti dalam pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih dengan luasan sekitar ± 20 hektar, terletak pada bagian daratan. Menurut Permenhut Nomor P.56/Menhut-II/2006 tentang Pedoman Zonasi Taman Nasional, yang dimaksud dengan zona inti adalah bagian taman nasional yang mempunyai kondisi alam baik biota ataupun fisiknya masih asli dan tidak atau belum diganggu oleh manusia yang mutlak dilindungi, berfungsi untuk perlindungan keterwakilan keanekaragaman hayati yang asli dan khas.

Zona inti yang terdapat di kawasan TNTC khususnya Pulau Wairundi memiliki potensi dan keterwakilan ekosistem penting berupa ekosistem hutan tropis dataran rendah, habitat berbagai jenis burung yang dilindungi, ketam kenari, ekosistem terumbu karang, vegetasi pantai, pantai sebagai habitat peneluran penyu, ekosistem berbagai jenis biota laut yang dilindungi seperti kima dan penyu. Pulau Wairundi merupakan salah satu tempat atau habitat bagi beberapa jenis penyu yang ada di Indonesia untuk bertelur, tercatat yaitu jenis penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu lekang (Lepidochelys olivaceae).

 Pantai pasir putih P. Wairundi

Keanekaragaman Hayati

Pulau Wairundi merupakan salah satu pulau terluar di Wilayah BPTN III Yembekiri yang berbatasan langsung dengan samudera pasifik. Kondisi pulau yang tidak berpenghuni membuat pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang cukup melimpah. Ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah dan formasi vegetasi pantai seperti Cassuarina dan Baringtonia  menjadikan pulau ini sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk beberapa jenis satwa diantaranya burung (seperti Elang laut, dara laut, burung gosong, bangau laut, gagak laut, raja udang, burung pipit, cinenen dan camar), reptile (seperti biawak, kadal dan penyu) dan mamalia yaitu tikus dan kelelawar. Di Pulau Wairundi terdapat pula jenis satwa langka yang suka memakan kelapa yaitu ketam kelapa (Birgos latro).




1 Komentar :

Jasa SEO Handal
22 Agustus 2016 - 05:26:00 WIB

Terima kasih atas ulasannya, kini kami jadi tahu sedikit tentang bumi cendrawasih.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>